Monday, April 20, 2015

Jalur Bayeman Yang Rawan Kecelakaan Seminggu 4x Kecelakaan

Jalur bayeman yaitu antara karangreja dan bobotsari, kabupaten purbalingga, minggu-minggu terakhir mendadak ramai kecelakaan. Hal ini disebabkan jalur ini jadi jalur peralihan setelah jalur ciregol longsor. Kontur jalan ini memang sangat tajam, turun dari ketinggian sekitar 899 m (karangreja) ke sekitar 500 m di tlahab kidul. Biasanya kecelakaan karena gagal mengerem saat menurun, terutama saat di tikungan. Jalur ini merupakan jalur menuju tempat wisata Goa Lawa via purbalingga/bobotsari.

pemalang-purbalingga-purwokerto



Apalagi nanti saat arus mudik lebaran, saat jalan tol sudah bisa dilewati hingga brebes-tegal. Jalur bayeman ini hotmix mulus dengan lebar standard. Sangat licin saat hujan, bisa jadi karena jalurnya teduh oleh rerimbunan pohon jadi ada tumbuh lumut tipis.






Konturnya curam dan berkelok-kelok, sekitar tahun 1987 saya pernah nglundung cornering pakai bebek honda 800 jadoel. Saat rebahan, pedal rem kaki sampai bergesekan dengan aspal. Tetap rebah atau out masuk jurang :D . Dulu jalur ini jadi jalur balap bagi pembalap liar gila. Yah balapan turun menggelinding tanpa rem, hanya pakai engine break :D . Jadi waspadalah kalau lewat jalur ini, terutama saat jalan basah.

No comments:

Post a Comment