Monday, March 30, 2015

[TIPS Otomotif] Rem Mobil Ngempos?

Rem mobil ngempos? Perlu dikocok-kocok?

Rem ngemplos atau diinjak ringan tanpa hambatan disebabkan karena 2 hal:

1. Master utama rem jebol karet sealnya. Adanya kotoran dalam minyak rem bisa membuat karet seal jadi bocor/sobek. Kalau hal ini terjadi maka minyak rem akan membanjiri booster rem, selanjutnya bisa terhisap dalam ruang bakar dan membuat asap knalpot ngebul.



Diagnosanya :
- copot master rem, periksa adakah minyak rem diujung master yg kena tonjok bosster. Adakah minyak rem di booster rem.



Solusi :
- Ganti karet seal jika tersedia dan mudah pemasangannya serta dinding master masih mulus, harga berkisar antara 50-100 rb. Jika dinding master sudah gores maka harus  ganti master rem seutuhnya. Master rem KW merek sanyco dsb kini banyak tersedia dipasaran untuk hampir semua merek mobil. Harganya berkisar antara 250 - 400 rb.

2. Ada angin dalam minyak rem. Biasanya akibat terlambat menambahkan minyak rem sehingga kehabisan. Minyak rem habis berarti ada kebocoran. Biasanya bocor disebabkan kerusakan pada master  rem di roda. Yah yang di roda namanya juga master rem :) . Nah biasanya yang nempel di booster rem, yg diruang mesin, namanya master utama, ada juga yang menyebutnya sebagai master cyclinder sedangkan yang diroda disebut calliper. Jadi cari dulu master rem yang bocor, ganti karet sealnya atau ganti master-nya utuh. Untuk mobil, master rem belakang harganya sekitar 100 rb-an. Kalau rem depan (cakram) biasanya rusak/nggores di piston dan bocor di seal pistonnya.



piston rem rusak

master rem cakram (depan)

Jika tidak menemukan piston rem yang sesuai, maka harus modif piston di bengkel bubut, biayanya sekitar 75-100 rb.

Jika sumber kebocoran sudah teratasi tapi masih ngeplos, masalahnya ada pada bleeding, masih ada udara dalam minyak rem. Bleeding atau membuang minyak rem beserta anginnya. Walaupun bleeding bisa dilakukan sendirian tapi bleeding yang maksimal dilakukan 2 orang. Bleeding juga perlu hati-hati dan pengalaman, kalau ceroboh bisa jebol seal-seal masternya. Saya rekomendasikan bleeding di bengkel saja, paling kena biaya 50-100 rb.

Problem lain dalam perbaikan rem :
- Tidak ada booster dan atau master rem di pasaran
- Master rem pengganti tidak pakem. Misalnya master rem utama kw untuk mazda vantrend tidak pakem, biasanya diganti dengan master rem kijang kapsul. Tentunya dengan butuh modifikasi di nipple dan pipa remnya.

11 comments:

  1. makasih om .. infonya bagus banget

    ReplyDelete
  2. Om mau tanya.. Saya pakai swift 2008. Masalah rem yg saya hadapi justru terlalu pakem. Diinjak sedikit sudah langsung berhenti, tidak ada jeda untuk pengereman halus. Saya sudah kuras minyak rem. Saya sudah setel rem belakang dan depannya. Dgn kasus begini, kira2 masalahnya ada dimana yah om? Thanks sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. Om saya mau tanya. Saya pakai swift tahun 2008. Masalah rem saya justru terlalu pakem. Diinjak sedikit sudah berhenti. Tidak ada jeda untuk rem santai. Ban nya seperti langsung ngunci. Saya sudah lakukan kuras rem. Setel rem belakang dan depan pun sudah. Kira2 masalahnya ada dimana yah om? Thanks om

    ReplyDelete
  4. Tinggal disetel pijakan remnya tuh.

    ReplyDelete
  5. Om mau tanya rem depan kiri saya macet, klo baut selang yang di master rem atas saya buka sama kunci nepel jadi lancar, kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. piston rem rusak/kotor macet ke rumah rem. kalau baut selang dibuka jadi lacar karena piston tertarik mundur ngga macet lagi.

      Delete
  6. Maaf bos baru pemula... Saat mesin mati..pijakan rem..terasa halus..tapi saat mesin mobil nyala...pijakan rem sangat enteng sekali...tidak pakem...apa bos...solusinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada anginnya tuh, ngga bener bleedingnya.

      Delete
  7. om mau tanya nih darurat ,saya pake peugeot 505 . ini lagi mudik tapi tdi tiba2 remnya lama kelamaan ngeplos . cari bengkel gk ada yg bisa ,tapi kayaknya masalahnya di seal . nah cara ngakalinya gimana om tanpa ganti seal? soalnya darurat dan seal peugeot gk ada di wonogirir

    ReplyDelete
  8. Pengalaman saya honda mobilio 2014, pedal remnya terasa keras Saat melakukan pengereman, masalahnya apa ya?

    ReplyDelete
  9. Maaf om Sy pemula minta bantuannya rem mobil saya awalnya pakem,begitu di bawa jln lama kelamaan remnya gembos dan tidak pakem lagi,dan kalau mesin mati sekitar 30menit rem normal pakem lagi begitu seterusnya ,,,udh di bawa ke bengkel katanya masuk angin,,,dpt 2 hari kumat lagi,mohon bantuan dan solusinya Om...mksih sebelumnya...

    ReplyDelete