Sunday, March 29, 2015

[TIPS Otomotif] Mesin Mobil Susah Dinyalakan ?

Mekanisme dari starter mobil adalah sbb :


1. Kontak menghidupkan solenoid switch.
2. Solenoid mengalirkan memajukan gigi pinion/gigi bendik dari starter sehingga masuk gigi gendeng, solenoid starter juga mengalirkan arus besar dari accu ke dinamo starter (bunyinya cetek).


3. Dinamo berputar memutar gigi gendeng dan kruk as (bunyinya cengengeekk), nah kalau ngga ada bunyi cengengeekk tapi cetek-cetek doang berarti cuman solenoid yang kerja tapi dinamo starter ngga muter. Kalau bunyinya nya cengengek kasar ndet-ndetan.. bisa jadi gigi pinion/gigi bendik nya rusak. Kruk as muter, klep bekerja, piston bekerja, delco-platina bekerja, pompa bensin bekerja. Nah kalau masih ngga mau hidup, biasanya karena :
- supply bensin macet, cek filter bensin apakah kosong atau penuh. Jika kosong lakukan :
a. cabut selang bensin dari tangki yang masuk ke filter. Coba sedot bensin dari selang dengan mulut, jika selang terlalu pendek/bawah gunakan sedotan atau selang bensin motor, tancepkan ke selang bensin. Jika disedot terasa ringan berarti jalur pipa dan selang dari tangki lancar, jika terasa berat maka tangki dan selang-pipa nya harus dikuras.

Filter bensin
Jika jalur pipa dan selang bensin lancar, pastikan tangki bensin ada bensinya :D . Kemungkinan berikutnya adalah filter bensin kotor, Copot filter bensin dan cuci, ganti baru jika bisa. Jika bensin masih ngga penuh di filter bensin, kemungkinannya adalah pompa bensin lemah. Lakukan hal berikut :
b. Isi penuh selang dan filter bensin. Selalu sedia selang bensin motor, sebotol bensin dan corong. Buka tutup filter udara, percikan bensin ke karburator dan lakukan start. Jika masih susah hidup setelah berkali-kali dicoba berarti ada masalah di pengapian (jangan mencoba starter berkali2 tanpa istirahat, lakukan istirahat 15-30 detik sebelum mencoba starter agar dinamo starter tidak jebol karena overheat).

Buka tutup filter udara, percikan bensin pada karburator. Diciprat saja yah.. jangan disiram langsung dari botol


Kalau susah masukin bensin ke filter, gunakan selang bensin motor yg lemes dan corong. Kalau tidak tersedia corong kecil, cari tutup botol.. misalnya tutup botol parfum. Panasi ujung tutup parfum, sodok dengan besi/obeng.

Tutup parfum sebagai corong
Lebih baik beli botol oli samping variasi (ada di borma) dan selang panjang sebagai persiapan kalau mogok lagi atau untuk menolong mobil lain yang mogok.



Masalah pengapian biasanya ada di koil, busi dan kabel serta platina. Koil, busi bisa jadi mati harus diganti. Platina bisa jadi bentol, harus diamplas, bisa jadi sudah aus/rusak harus diganti.





Kenali problem starter dari bunyinya :
1. Starter cetak-cetek melulu disebabkan karena :
- Brush/arang pada dinamo starter. Ganti dengan brush/arang baru.
- Arus ke dinamo starter kurang besar yang disebabkan karena aki soak atau perkabelan yang buruk. Solusinya ganti/tambah kabel yang ke starter dan ground. Ganti aki jika aki soak
- Kerusakan pada solenoid, ganti dengan yang baru atau buka dan bersihkan.
- Arus pada trigger kurang gede, dipasang relay sehingga arus trigger dari aki.

2. Bila kerusakan pada gigi bendik maka dinamo berputar dan selip, berbunyi ngekkk.. ngekkk.
3. Starter normal kerja bunyi cengengekan tapi ngga ngga mau hidup? Bisa jadi setelan platina, koil mati, selang bensin mampet, pompa bensin lemah. Jika bensin di filter habis bisa karena filter kotor,selang bensin mampet, pompa bensin lemah. Copot selang dari tangki, sedot dengan mulut selang dari tangki(pakai selang sambungan), jika gampang disedot kemungkinan filter bensin kotor/mampet atau pompa bensin lemah. Jika berat saat disedot, berarti selang/pipa bensin mampet.





atau distarter cuman cetak-cetek doang bunyinya, cuman solenoidnya yg on-off tapi dinamo starternya ngga mau muter. Pinjam aki yang masih seger, nyalakan mesin. Saat mesin hidup, cabut kabel + aki. Kalau mesin terus jadi mati berarti dinamo alternatornya rusak.

Jika susah dihidupkan saat mesin panas dan dinamo starter ngek.. ngek.. lemah, bisa jadi kabel starter dari accu yang besar itu sudah lemah. Akibat panas maka resistansi kabel jadi tinggi. Bisa jadi karena korosi di konektor akinya, akibat panas maka korosi di konektor pun jadi hampatan tinggi.

39 comments:

  1. Anonymous6:53 PM

    mausharing pengalaman saya dg mobil timor aja gan, masalah starter susah saat mesin panas teratasi setelah menggunakan relay starter dan relay pemutus fan saat starter on. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan saya jg ngalamin sperti itu, tp apa bs stelah gunakan relay stater dan relay pmutus itu mobil bs normal lgi ?! Masalahnya mobil saya klo uda panas tiba tiba mati dan susah di staternya lgi, jadi hrus nunggu dingin dlu baru bs nyala

      Delete
    2. pernah ngalamin kyk om candra di ford laser saya... srg mendadak mati dijalan... bgt mati,ndak bisa lgsg nyala... stlh pindah 3 bengkel baru ketahuan ternyata selang dari dan ke ful pump ada yg retak,jadi masuk angin... sapa tau sama om.,monggo di cek...

      Delete
    3. Timor saya juga om sering kayak gtu yg sering lg pas isi bensin saya matiin saya nyalain lg susah tpi kelistrikan normal. Masih bunyi tapi mesin gak mau nyala. Jika sudah dingin sekitar 15 menit baru bisa kira2 apa nya ya om

      Delete
  2. Anonymous5:04 PM

    Starter bunyi cetak cetak doang gan...kata yg punya mobil pertama sih accu nya udsh berumur...tapi kadang masih hidup...
    Apa yg pasti harus di servis ya gan...tanks...

    ReplyDelete
  3. Umur accu berapa tahun? kalau sudah lewat 2 tahun yah sudah lemah. Bersihin aja dulu kabel dan konektor yang ke solenoid starter, atau tambahkan relay ke solenoid starter.

    ReplyDelete
  4. Mau tanya nih escudo 95 sy habis ganti aki malah tidak bisa dihidupkan,sy start mesin bergetar mau hidup tapi mati lagi sy ulangi gitu terus....kira kira apanya ni ya.....

    ReplyDelete
  5. coba cek delco, bisa jadi cap delconya sudah aus.

    ReplyDelete
  6. klo mobil saya di stater pertama bunyi trus ilang bunyinya,lalu bunyi kemudian baru hidup mesinnya,itu apanya ya gan?

    ReplyDelete
  7. Mau tanya.mobil saya mau stater.tapi pas mobil jalan dan mati mendadak gigi masuk tidak bisa stater.bisa di stater lagi harus gigi kondisi netral.apa nya

    ReplyDelete
  8. Mau tanya.mobil saya mau stater.tapi pas mobil jalan dan mati mendadak gigi masuk tidak bisa stater.bisa di stater lagi harus gigi kondisi netral.apa nya

    ReplyDelete
  9. yah iyahlah, starter pas gigi netral atau injak kopling penuh. Kalau ngga netral atau kopling penuh, starternya menggerakan roda. Tinggal dinamonya kuat ngga buat muter kruk as terus gardan terus roda. Kalau kuat yah sambil distarter, mobil loncat/lanjut.

    ReplyDelete
  10. Nisan terano sy lw d stater kadang berat kadang ringan kira2 apa y..mohon pencerahan y..

    ReplyDelete
  11. Susah analisanya karena kurang infonya. Beberapa kemungkinannya :
    - brush arang sudah habis
    - solenoid switch rusak

    nah kalau hanya terjadi saat mesin panas, kemungkinannya adalah kabel starter ke solenoid switch sudah uzur. Solusinya ganti baru atau pasang relay.

    http://cintamazda.blogspot.com/2016/06/memperbaiki-dinamo-starter.html

    http://infomotuba.blogspot.com/2016/06/penyakit-koroner-kabel-starter.html

    ReplyDelete
  12. Mas mau tanya mobil Hijet 1000 distarter sm skli gk ada respon, akinya baru lampu hidup, biasa gk pernah aman2 aja kenapa ya

    ReplyDelete
  13. Mas mau tanya mobil Hijet 1000 distarter sm skli gk ada respon, akinya baru lampu hidup, biasa gk pernah aman2 aja kenapa ya

    ReplyDelete
  14. Mau tanya mobil hijet1000, udah 2kali ini pas lagi jalan, nginjak kopling mesin mati dan d starter lg ga langsung nyala tp bisa nyala setelah bbrp kali nyoba.
    Tapi kali ini gitu lagi, pas injak kopling mau pindah gigi tiba2 mesin mati, kali ini ga bisa sama sekali nyala dari tadi pagi ... Kenapa ya?

    ReplyDelete
  15. Biasanya itu koilnya

    ReplyDelete
  16. Mobil terios 2008 motor starter tidak mau muter saat mesin panas ,tlg solusinya mas,starter sdh pernah d bersihkan 1 1/2 bulan yg lalu,skrng kumat lagi..

    ReplyDelete
  17. Terios 2008 kalo mesin panas motor starter gak mau muter pas dihidupkan,mohon solusinya mas

    ReplyDelete
  18. Terios 2008 kalo mesin panas motor starter gak mau muter pas dihidupkan,mohon solusinya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasang relay buat solenoid switch starter

      Delete
  19. Gan mobil ane tadi aman aman aja sebelum di steam. Tp setelah di steam mobil di stater bunyi cetek doang. Akhir nya di dorong deh solusi nya gan

    ReplyDelete
  20. starter konslet kena steam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous12:34 AM

      gan mau tanya mobil ane splash manual '13. udh 2 minggu ga di nyala"in, pas mau di nyalain ga nyala", stater cuma cetak-cetak doang. mohon info gan

      Delete
  21. Anonymous12:31 AM

    gan mau tanya, mobil ane splash manual 2013, udh 2 mingguan ane ga nyalain,pas mau nyalain ga nyala, stater cuma cetak-cetak doang.. mohon info gan

    ReplyDelete
  22. Anonymous12:32 AM

    gan mau tanya,mobil ane spalah manual 2013, udh sekitar 2 mingguan ane ga nyalain, pas mau dnyalain ga mau nyala", stater cuma cetak-cetak doang..mohon info gan ..tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aki soak, cek akinya atau jumper dengan aki yang sehat

      Delete
  23. Aki soak, cek akinya atau jumper dengan aki yang sehat

    ReplyDelete
  24. Stater berat di pagi hari atau mesin dingin..bunyi cetek cetek 1-2 kali br idup.klo mesin panas stater aman sekali starr langsung hidup. Aki baro seminggu ganti baru.dinamo dicek aman.Kelistrikan tdk ada bocor..mohon pencerahan dan SOLUSI nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin oli mesin belum naik, apa baru turun mesin? Mesti waspada ada kemungkinan oli tidak lancar. Coba cek pompa oli, filter oli dan cek bagian camshaft apakah oli sempurna melumasi bagian itu.

      Delete
  25. mau tanya dong kalo mobil susah nyala pas di starter justru cuma bunyi kretek-kretek dr mesin itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  26. Mau nanya dong kalo mobil katana nggk mau hidup tapi pengapiannya bagus, minyak bagus tqpi ngk hidup juga

    ReplyDelete
  27. Mau tanya gan mobil saya zebra 1.0..sering mogok setelah mesin hidup kira2kira bwt jln 7km / mesin nyala bwt jlan panas trz ndut2 an mau mati mesinx.. .bgtu dmatiin mobilnya mau nyalain susah / ga mau nyala ..nunggu kira2 1 jam an dstater lgi baru bsa nyala.. Knpa, y itu kira2 gan... Pdl koil baru platina busi rotor.. Baru semua.. Knp kira2 mohon pncetahan gan.. Maksi

    ReplyDelete
  28. Misi gan mau nanya..stater mobil saya kalo pagi normal,trus klo mobil udah di pake jauh atau lama hidup, trus di matiin kontak trus di hidupin lagi stater nya,,malah yng keluar suara kreeeeet kreeeeeettt susah hisup,iyu apa nya yh mohon info nya!!!

    ReplyDelete
  29. Om ane mau nanya dong kan ane punya daihatsu charade winner th 91 ya, nah yg jadi kendalanya mobil ane susah stater padahal busi udah ganti karbu udah di servis/bersihin aki udah dicas dan dinamo stater bagus tp kok di stater dia ga mau2 ya om? Pernah ngalamanin gtu ga om? Apa yak solusinya?

    ReplyDelete
  30. Om ane mau nanya dong kan ane punya daihatsu charade winner th 91 ya, nah yg jadi kendalanya mobil ane susah stater padahal busi udah ganti karbu udah di servis/bersihin aki udah dicas dan dinamo stater bagus tp kok di stater dia ga mau2 ya om? Pernah ngalamanin gtu ga om? Apa yak solusinya?

    ReplyDelete
  31. Mas m ...apa ya akibatnya kalo mobil dalam keadaan menyala..karena mesinnya gak kedengeran saking halusnya (apa telinga saya yang gak peka ya...hehe..) trus saya starter lagi langsung bunyi kayak ngreeekkk..tapi mobil tetep nyala sih. Saya takut ada yang rusak. Makasih responnya.

    ReplyDelete
  32. Mas mobil espass saya kalau mesin digin enak bgt distater tp stlh mesin agak panas gak mau nyala hrs nunggu dingin lagi..ini KOIL ato Dinamo stater yg bermasalah..suwun sebelumnya

    ReplyDelete