Monday, March 30, 2015

[TIPS Otomotif] Tips Agar Mobil Mudah Dihidupkan

Tips ini berlaku buat motuba, yaitu "mobil tua bangka" atau mobil yang masih memakai karburator. Para pemilik motuba yang menjadikan mobilnya sebagai weekend car, bukan kendaraan harian, biasanya mengalami kesulitan menghidupkan mobil setelah 1-2 minggu mobil tidak dipakai. Kesulitan ini disebabkan 2 hal :

Pertama, accu loyo. Ditandai dengan suara dinamo yang lambat  memutar "NGEEEEEEEEEK.. NGEEEEEEEK" yang panjang. Analoginya seperti suara sapi "nguooohhhhhh... nguuooohhhh". Nah ini tandanya accu kurang kuat. Walaupun mesin mati, mobil masih mengkonsumsi accu. Masih ada yang bocor. Maka untuk menjaga muatan accu, lepaslah salah satu terminal accu. Bisa terminal (+) atau terminal (-), mana yang paling mudah. Biasanya terminal (-) banyak kabelnya, jadi yang dilepas terminal (+). Selalu simpan kunci 10 di kabin mobil :) . Jangan lakukan pencopotan kabel accu di mobil yang memakai ECU, bisa jadi fatal dan mobil harus diderek ke bengkel resmi. Biaya reset ECU di bengkel resmi bisa mencapai 1 juta :) . Kalau mobil pakai ECU, mesti punya accu cadangan yang dicharge full tiap minggu, dipakai buat membantu starter pakai kabel jumper :) .


Buat tutup terminal pakai bekas tutup botol yang diikat benang.



Kalau suara dinamo cepat (kuat) "NGEEEK.. NGEEEK..NGEEEK.." yang pendek-pendek. Analoginya seperti suara anjing "GUK..GUK..GUK.". Itu artinya accu sehat/kuat. Nah kalau accu muter kuat tapi susah hidup, berikut penyebabnya :

Kedua, bensin dalam karburator seperti basi.. atau seperti kurang full.. atau mungkin menguap. Problem ini juga bisa terjadi pada motor yang tidak dihidupkan beberapa hari. Walau sudah bisa hidup dan dipakai, masalah yg sama bisa kambuh lagi juga dihari itu. Misalnya minggu pagi berhasil hidup walau sulit, terus berwisata ke kebon binatang. Ternyata saat mau pulang, susah hidup lagi. Apalagi jika tempat parkir tidak rata dan bagian depan mobil lebih tinggi dari belakang (tangki bensin jadi tamabah lebih rendah dari karburator) . Juga bisa disebabkan karena membran pompa bensin yang lemah atau ada hambatan pasokan bensin, bisa filter yg kotor atau pipa saluran kotor. Gejala ini ditandai dengan isi filter bensin yang jadi tidak penuh. Jika terjadi kekosongan atau terdapat udara dalam saluran antara filter dan membran maka pompa membran bisa tidak mampu menyedot bensin. Untuk mengatasi-nya pasang pompa rotak. Pompa rotak ini hanya digunakan untuk memenuhi bensin di filter, selang, membran dan karburator.

pompa rotak cadangan

Rotak selain untuk membantu menghidupkan, juga untuk cadangan. Cadangan jika sewaktu-waktu membran pompa bensin rotak mati total. Saya pakai merek GB harga 80 rb. Kerusakan membran pada mazda MR/BB/VT bisa bikin menginap. Karena butuh waktu untuk beli membran dan butuh 2 orang mekanik untuk bongkar pasang-nya. Harga membrannya sekitar 285 rb dan ongkosnya maksimal 200 rb. Bayangkan anda sedang mudik, malam-malam membran pompa bensin rusak, didaerah pelosok lagi.. jauh dari kota besar, Maka kabel + rotak saya siapkan socketnya di coil, jika terpaksa harus selalu menghidupkan rotak. Hidupnya rotak mengikuti kunci kontak. 



Bagaimana cara pemasangan rotak ada di  

http://infomotuba.blogspot.com/2015/03/tips-otomotif-memasang-pompa-bensin.html

Jadi setelah kabel + accu dipasang, sentuhkan kabel rotak ke terminal + selama sekitar 5 detik. Rotak pun hidup "TEK... TEK...TEK...TEK..." .


Simpan kembali kabel rotaknya. Hidupkan kontak starter.. mak JRENG.. langsung hidup deh. Hal ini juga didukung oleh penyetelan delco yang tepat dan AVR karburator yang tepat.

Bisa juga dicoba memancing accu :

http://mazdauc1400.blogspot.com/2015/03/mazda-memancing-accu-untuk-starter.html


Lebih lanjut lagi kenapa mobil susah dihidupkan ada di :

http://infomotuba.blogspot.com/2015/03/tips-otomotif-mesin-mobil-susah.html

1 comment:

  1. Anonymous4:55 AM

    info yang runut dan sangat membantu
    makassssiiiihhhh

    ReplyDelete