Rem ngemplos atau diinjak ringan tanpa hambatan disebabkan karena 2 hal:
1. Master utama rem jebol karet sealnya. Adanya kotoran dalam minyak rem bisa membuat karet seal jadi bocor/sobek. Kalau hal ini terjadi maka minyak rem akan membanjiri booster rem, selanjutnya bisa terhisap dalam ruang bakar dan membuat asap knalpot ngebul.
Diagnosanya :
- copot master rem, periksa adakah minyak rem diujung master yg kena tonjok bosster. Adakah minyak rem di booster rem.
Solusi :
- Ganti karet seal jika tersedia dan mudah pemasangannya serta dinding master masih mulus, harga berkisar antara 50-100 rb. Jika dinding master sudah gores maka harus ganti master rem seutuhnya. Master rem KW merek sanyco dsb kini banyak tersedia dipasaran untuk hampir semua merek mobil. Harganya berkisar antara 250 - 400 rb.
2. Ada angin dalam minyak rem. Biasanya akibat terlambat menambahkan minyak rem sehingga kehabisan. Minyak rem habis berarti ada kebocoran. Biasanya bocor disebabkan kerusakan pada master rem di roda. Yah yang di roda namanya juga master rem :) . Nah biasanya yang nempel di booster rem, yg diruang mesin, namanya master utama, ada juga yang menyebutnya sebagai master cyclinder sedangkan yang diroda disebut calliper. Jadi cari dulu master rem yang bocor, ganti karet sealnya atau ganti master-nya utuh. Untuk mobil, master rem belakang harganya sekitar 100 rb-an. Kalau rem depan (cakram) biasanya rusak/nggores di piston dan bocor di seal pistonnya.
piston rem rusak |
master rem cakram (depan) |
Jika tidak menemukan piston rem yang sesuai, maka harus modif piston di bengkel bubut, biayanya sekitar 75-100 rb.
Jika sumber kebocoran sudah teratasi tapi masih ngeplos, masalahnya ada pada bleeding, masih ada udara dalam minyak rem. Bleeding atau membuang minyak rem beserta anginnya. Walaupun bleeding bisa dilakukan sendirian tapi bleeding yang maksimal dilakukan 2 orang. Bleeding juga perlu hati-hati dan pengalaman, kalau ceroboh bisa jebol seal-seal masternya. Saya rekomendasikan bleeding di bengkel saja, paling kena biaya 50-100 rb.
Problem lain dalam perbaikan rem :
- Tidak ada booster dan atau master rem di pasaran
- Master rem pengganti tidak pakem. Misalnya master rem utama kw untuk mazda vantrend tidak pakem, biasanya diganti dengan master rem kijang kapsul. Tentunya dengan butuh modifikasi di nipple dan pipa remnya.
No comments:
Post a Comment