Monday, March 30, 2015

[TIPS Otomotif] Masalah Overheat Pada Mobil



Sistem Pendingin Mobil


Saat termostat menutup
Saat mesin belum panas kondisi termostat menutup, maka air tidak bisa mengalir ke radiator. Air bersikulasi balik lewat jalur bypass. Air dalam radiator juga tidak bersikulasi dan diam sehingga menjadi dingin karena kena radiator kena angin. Jika jalur bypass mampet maka air diam di mesin tidak bisa bersikulasi menyebabkan mesin cepat overheat.

Saat termostat membuka
Saat mesin mencapai suhu optimalnya, misalnya 82 derajat celcius, termostat membuka. Air panas dari mesin mengalir ke radiator dan air dingin mengalir dari radiator ke mesin. Air panas dari mesin didinginkan di radiator. Saat suhu mesin turun sampai di suhu tertentu, termostat kembali menutup.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan penyebab mesin overheat :

1. Sirkulasi air pendingin yang macet disebabkan karena penyumbatan pada :
- jacket mesin mampet
- jalur bypass mampet
- radiator
- termostat rusak

2. Kemampuan pendinginan yang kurang :
- pompa air yang lemah
- radiator kurang sirip-nya
- tutup radiator yang rusak
- Angin kipas kurang kencang

Sehingga langkah-langkah penanganan overheat berdasarkan biaya dan tingkat kesulitan adalah :




1. Rojok Radiator dan Rojok jalur bypass, radiator dibongkar, disogok2 pipa2 airnya agar lancar dan membuang semua kotor/karatan. Biaya sekitar 150  rb-an.


rojok radiator

2. Ganti termostat dan tutup radiator dgn yang ori/bagus.
3. Ganti pully water-pump dengan yg kecil. Untuk Mazda MR/VT bisa pakai pully diameter 95-97 mm. Bisa pakai pully Hijet wide 555. Ganti pull kecil tidak dianjurkan karena membuat putaran mesin jadi berat terbebani.


pully 97 mm
4. Saat tanpa termostat, mainkan gas dan amati pergolakan air di tutup radiator. Jika air bergolak2 kencang, tanda waterpump normal. Periksa water pump dan ganti jika baling2nya sudah habis oleh korosi. Water pump berkisar antara 300 rb (kw) - 600 rb (ori).
5. Jika kipas radiator diputar oleh kruk as, mainkan gas dan rasakan hembusan dari kipas. Jika kurang kencang dan kipas bukan original, ganti kipas dengan kipas ori atau yang bersudut tepat. Angin kencang disebabkan oleh sudut bilah kipas bukan oleh banyaknya bilah. Pilih kipas yang bilahnya cukup kaku, kalau bahanya lemas yah berubah sudut (tak kuat mendorong angin).
6. Tambahkan extra fan didepan radiator. Saat macet dan mesin stasioner, putaran kipas bisa tidak cukup mendinginkan radiator. Paling mantap pakai punya karimun tapi harga 1 juta lebih.
7. Ganti radiator dengan radiator 2 ply. Untuk Mazda MR/VT bisa pakai radiator zebra 1986 dengan modifikasi pada lobang2 dudukannya. Harga sekitar 800 ribuan.





8. Turun mesin setengah, rojok lubang2 jacket airnya. Bersihkan ruang bakar dan klep, lakukan skir klep. Ganti semua seal/packingnya.





Lakukan perbaikan secara bertahap, pilih yang paling mudah dan murah dulu. Misalnya :

Tahap 1 :


1. Rojok Radiator dan Rojok jalur bypass.
2. Ganti termostat dan tutup radiator dgn yang ori/bagus.
3. Ganti pully water-pump dengan yg kecil. Ganti kipas dengan ori yg kaku bila angin hembusannya lemah.
4. Cek water pump jika golakan air lemah dan ganti bila baling2nya habis.
5. Pasang/ganti extra fan

Masih overheat? Tahap 2 :
5. Copot termostat

Masih overheat? Tahap 3 :
6. Ganti radiator dengan radiator 2 ply

Masih overheat? Tahap 4 :
7. Setting Klep ulang

Masih overheat? Tahap 5 :
8. Turun mesin setengah deh


Banyak kendaraan yang akhirnya membuang termostatnya dan membiarkan air coolant free flow. Efeknya adalah suhu optimum mesin tidak pernah tercapai. Termostat berguna untuk agar :
1. Suhu mesin bisa naik hingga suhu optimumnya.
2. Air yang diam di radiator cukup waktu untuk didinginkan.

Apabila termostat dilepas maka air terus bersikulasi dalam mesin dan radiator(air coolant free flow). Air tidak sempat panas karena langsung didinginkan oleh radiator. Suhu mesin juga tidak sempat naik ke suhu optimum. Dengan tanpa termostat, suhu biasanya berkisar antara 1/8 - 1/4 skala (suhu optimum adalah 1/2 skala). 

No comments:

Post a Comment