Tuesday, June 23, 2015

Mendempul Itu Gampang

Permasalahan yang sering terjadi pada mobil jadul adalah rusaknya dempul/cat. Cat/dempul yang rusak bila dibiarkan maka lama kelamaan akan membuat body mobil karatan. Tapi karena mahalnya biaya perbaikan di bengkel, biasanya dibiarkan hingga karatan/keropos. Padahal mendempul sendiri itu gampang. Nanti kalau sudah siap bisa dicat-kan di tukang cat profesional.
Dengan hanya berbekal sedikit info tentang jenis dempul dari pelayan toko, seminggu lalu saya mencoba mendempul bagian masukan bensin mobil jadul saya yang pecah dempul-catnya :


Cat/dempul rusak pada masukan bensin



Karena tehnik pengamplasan yang salah yaitu hanya menggunakan amplas kering maka permukaan dempul tidak rata dan tidak halus, jempol tangan kanan pun melepuh :D . Ngobrol dengan satpam dan OB, diberitahu kalau mengamplas dempul harus dalam keadaan basah. Amplas juga dipegang dengan karet (karet sandal jepit dsb).

Hasil setelah pengecatan ulang
Hari sabtu-minggu lalu dilakukan pendempulan pada atap mobil. Dempul-cat pada atap mobil pecah2 dan mengelupas. Setelah dempul-cat yang rusak dibuang, dilakukan pendempulan dengan menggunakan dempul sab polac, lalu setelah kering diamplas basah :

Pengamplasan pertama

.

Gunakan karet pada amplas
Setelah diamplas, ratakan lagi dengan menggunakan dempul isamu :

Di dempul isamu setelah pengamplasan pertama
Setelah diamplas, bersihkan dengan air dan dilap. Cek lagi bagian yang tidak rata. Olesi lagi dengan dempul isamu, amplas lagi, bersihkan dengan air dan dilap, cek lagi. Setelah lima kali proses dempul-amplas, hasil akhirnya adalah :

Hasil akhir setelah 5 kali proses dempul-amplas
Masih banyak pekerjaan mendempul, antara lain :

Koreng pada sisi lain
Dan persoalan warna cat belum solved. Sementara warna biru cat pylox yang paling mendekati adalah warna taft deep blue kode 1027. Sementara deep blue kode 116 malah lebih cerah. Cat vernis clear kode 128 sudah disiapkan. Sebenarnya untuk mendapatkan warna cat yang persis harus dilakukan pencampuran cat. Masalahnya tidak ada kompressor dan nozzle. Jadi mendempul itu gampang.. mengecat masih susah.

Btw, biarkan dempul 1-4 minggu biar benar2 kering kuat dan tidak ngelotok, jangan langsung cat.  

5 comments:

  1. mas amplasnya pake yg nomer berapa?

    ReplyDelete
  2. Itu dilihat dari foto ngedempulnya seperti asal taplok 'hehee . .
    Kalau model begitu ngedempul nya jempol jadi bener2 keriting .. 😃 . Dempul mah tipis2 aja . Patokan sekeliling yg gak di dempul . Kalau untuk bidang besar harus pakai mistar (penggaris stainless) biar rata ,dan gak nyusahin pas ngamplas nya . Partikel cat halus sensitif dan pasti akan keliatan kalau ada benjolan dempulan . Pelamir lebih untuk nutup pori2 dempul ,bukan untuk meratakan dempul yg gak rata . 😉

    ReplyDelete
  3. Cocokny pke amplas apa ya om?

    ReplyDelete
  4. Bahan dempul nya apa ya?

    ReplyDelete