Pada keadaan accu tidak penuh maka alternator selain mengalir ke pengapian juga mengalir ke accu.
Kembali ke air, jika ada kebocoran di pipa air atau keran taman dibuka maka air tidak bisa naik ke toren. Sama hal-nya dengan mobil, jika ada beban berlebih maka alternator tidak mencas accu tapi menyuplai beban lebih misalnya lampu watt besar, sound system dan AC. Biasanya hal ini terjadi di malam hari.
Kalau air bisa dilihat, bisa dilihat ada air dari pompa, bisa dilihat ada air dari toren. Kalau arus listrik? pasang ampermeter. Contohnya :
Jarum ke kanan, charging accu sekitar 3A, accu hampir full. Kalau full maka Jarum di tengah, dititik 0. |
Lampu dekat menyala, accu discharging 5A. Minus artinya arus keluar dari accu, kalau plus artinya arus masuk accu. |
Lebih lanjut di :
http://infomotuba.blogspot.com/2015/03/tips-otomotif-memasang-amperemeter-di.html
http://infomotuba.blogspot.com/2015/03/tips-otomotif-mengukur-arus-pengisian.html
Bagaimana dengan kasus yg dialami om Indratmojo ini ?:
Mohon info rekan2..seminggu yg lalu aki tiba2 ngedrop waktu jalan mlm, lampu nyala, ac nyala...semua ok.. Besoknya dibengkel.. Aki di kuras ganti air aki+ serviice alternator ...eee skr ngedrop lg... Mohon sarannya ya...
Analisa saya, accu sering overdisharge. Accu sering kurang cas tapi sering dipakai berlebihan akhirnya rusak soak. Kurang cas terjadi karena dipakai dimalam hari dengan beban penuh/berlebih. Solusinya yah mesti ganti alternator ampere yg lebih besar kalau suka dipakai malam hari dengan beban penuh dan lama. Selanjutnya jika benar accu soak maka yah mesti kudu ganti accu baru.
Lebih lanjut ttg penyebab accu yang gampang soak di :
No comments:
Post a Comment