Wednesday, June 10, 2015

Antara Toren, Bak Mandi, Pompa Air Dan Pengapian Mobil

Bak Mandi rumah saya terpasang paralel dengan toren. Kalau pompa air dihidupkan dan kerak bak terbuka maka air dari pompa air langsung mengisi bak mandi. Air dari pompa juga mengisi toren kalau belum penuh. Saat listrik mati maka bak mandi diisi air dari toren(lewat pipa dan keran lain). Pada toren juga ada indikator isinya pakai selang kecil yang dgantung vertikal.



Prinsip kerja air di rumah saya mirip sekali dengan sistem listrik di mobil mazda MR/BB/VanTrend. Pompa air diganti alternator, bak mandi diganti dengan pengapian dan toren diganti accu.

Pada keadaan accu tidak penuh maka alternator selain mengalir ke pengapian juga mengalir ke accu.


Pada keadaan accu penuh maka alternator selain mengalir ke pengapian juga mengalir ke accu.

Pada keadaan alternator mati, maka pengapian diganti dengan aliran dari accu hingga mesin dimatikan atau accu habis dan akhirnya mobil mogok. Mobil mogok tidak bisa distarter lagi karena accu habis/soak. Jika didorongpun tidak mau hidup.

Kembali ke air, jika ada kebocoran di pipa air atau keran taman dibuka maka air tidak bisa naik ke toren. Sama hal-nya dengan mobil, jika ada beban berlebih maka alternator tidak mencas accu tapi menyuplai beban lebih misalnya lampu watt besar, sound system dan AC. Biasanya hal ini terjadi di malam hari.

Kalau air bisa dilihat, bisa dilihat ada air dari pompa, bisa dilihat ada air dari toren. Kalau arus listrik? pasang ampermeter. Contohnya :

Jarum ke kanan, charging accu sekitar 3A, accu hampir full. Kalau full maka Jarum di tengah, dititik 0.

Lampu dekat menyala, accu discharging 5A. Minus artinya arus keluar dari accu, kalau plus artinya arus masuk accu.
Nah kalau jarum terus-terusan manteng ke kiri... waspadalah waspadalah itu tandanya alternator mati atau lemah. Segera balik kanan pulang menuju rumah atau ke bengkel :) . Atau kurangi beban2 yang tak perlu, misalnya soundsytem dan ac. Jika jarum berbalik ke ke kanan, itu tandanya alternator kurang atau lemah.

Lebih lanjut di :

http://infomotuba.blogspot.com/2015/03/tips-otomotif-memasang-amperemeter-di.html

http://infomotuba.blogspot.com/2015/03/tips-otomotif-mengukur-arus-pengisian.html

Bagaimana dengan kasus yg dialami om Indratmojo ini ?:

Mohon info rekan2..seminggu yg lalu aki tiba2 ngedrop waktu jalan mlm, lampu nyala, ac nyala...semua ok.. Besoknya dibengkel.. Aki di kuras ganti air aki+ serviice alternator ...eee skr ngedrop lg... Mohon sarannya ya...


Analisa saya, accu sering overdisharge. Accu sering kurang cas tapi sering dipakai berlebihan akhirnya rusak soak. Kurang cas terjadi karena dipakai dimalam hari dengan beban penuh/berlebih. Solusinya yah mesti ganti alternator ampere yg lebih besar kalau suka dipakai malam hari dengan beban penuh dan lama. Selanjutnya jika benar accu soak maka yah mesti kudu ganti accu baru.

Lebih lanjut ttg penyebab accu yang gampang soak di :

No comments:

Post a Comment