Monday, June 29, 2015

Membuat Live USB Itu Gampang

Jaman sekarang orang pakainya netbook. Celakanya netbook tidak ada CD drive-nya. Masih mending kalau ada CD combo. Netbook apalagi yang pakai OS windows rentan rusak harddisknya entah rusak secara fisik(bad sector) atau karena virus, sehingga gagal booting(biasanya missing NTLDR).
Untuk reparasinya atau setidaknya menyelamatkan data2 yg penting, perlu akses ke harddisk. Perlu Operating System yang mengakses harddisk, semacam live CD. Atau repair/reinstall pakai CD setup/repair. Masalahnya netbook tidak ada CD Drive.
Solusinya adalah membuat live flashdisk(live USB). Operating system bisa booting dari flasdisk untuk kemudian repair/reinstall/restore file. Dengan syarat motherboard bisa booting dari USB. Membuat live USB itu gampang, caranya :
1. Sediakan flashdisk(saya pakai flasdisk 8 GB).
2. File ISO dari OS. Kalau ngga ada, tapi ada CD installernya.. burn cd to iso dulu. Saya burn cd installer ubuntu 11.04 jadi file ubuntu-11.04.iso. Ngga usah nyari2 iso diinternet, ngabisin bandwith.
3. Software Unetbootin. Download di :
sourceforge.net/projects/unetbootin/files/UNetbootin/
Kalau pakai windows, versi terakhir saat ini adalah :
sourceforge.net/projects/unetbootin/files/UNetbootin/581/unetbootin-windows-581.exe/download
Tinggal colokan flashdisk dan jalankan unetbootin-windows-581.exe. Pilih OS yang akan diinstall, pilih file iso-nya... terus run. Selesai instalasi, installer akan minta reboot. Reboot, masuk BIOS dan seting booting dari USB pada prioritas tertinggi. Save dan exit.. PC pun booting dari live USB :) .


No comments:

Post a Comment