Monday, March 30, 2015

[TIPS Otomotif] Membuat Electric Fan Yang Otomatis

Biasanya electric fan pada radiator dipasang langsung nyambung ke kontak. Jadi begitu kontak hidup, maka kipas fan langsung muter. Efek dari pemasangan seperti ini adalah :

1. Umur motor kipas jadi pendek karena ngga pernah istirahat. Padahal pada kecepatan sedang hingga tinggi,  radiator cukup didinginkan oleh angin yang menerpa radiator.
2. Accu cepat habis dan sistem starter juga terbebani fan.

Oleh karena itu dibuatlah fan agar menyala otomatis hanya jika suhu mesin/radiator mencapai suhu tertentu misalnya 60 derajat celcius atau 90 derajat celcius. Untuk mobil tua sebaiknya pakai yang 60 derajat celcius karena umurnya, blok mesin sudah tua dan kecapean. Susah nyari gantinya lagi jika blok mesin retak pecah.

Otomatisasi electric fan dapat dilakukan dengan menggunakan thermo switch. Macam-macam bentuk thermo switch seperti berikut :




Thermo switch dispenser
Bahkan dapat menggunakan thermo switch dispenser yang murah meriah seharga 8 - 10 rb. Problemanya ada 2 jenis thermoswitch (TS), yaitu yang memutus arus saat aktif dan yang menyambung arus saat aktif. TS dispenser termasuk jenis yang memutus arus saat aktif. Maka jika menggunakan TS dispenser maka relay justru hidup (ON) saat suhu TS dibawah suhu aktifnya. Jika menggunakan TS jenis menyambung arus saat aktif, maka relay mati saat suhu TS dibawah suhu aktifnya.

Thermoswitch biasanya dipasang di blok mesin, ada juga yang memasang di radiator.

Rangkaian relaynya adalah sebagai berikut :



Dengan menggunakan relay 5 kaki, maka tinggal dicoba2 apakah di 87 atau 87a :)

Jika positif fan (kabel merah yang terhubung kaki 86 dan 30 relay) dihubungkan ke kontak/koil maka hidup-matinya fan mengikuti kunci kontak. Tapi jika positif fan dihubungkan langsung ke accu, hidup-matinya fan semata-mata mengikuti thermoswitch, artinya walau kunci kontak sudah dimatikan fan akan tetap menyala selama mesin masih panas.

Lebih aman lagi jika thermoswitch diparallel saklar ON/OF(dengan lampu) yang dipasang di dashboard. Kerja thermoswitch bisa dibypass oleh saklar ini jika thermoswitch rusak/gagal bekerja.


8 comments:

  1. Utk termo switch yg dibawah 80 derajat pakai punya apa bro ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake punya motor viar, on di 75, drat sama persis dengan thermoswitch honda accord

      Delete
    2. Pake punya motor viar, on di 75 derajat, drat sama persis dengan thermoswitch hoda accord.

      Delete
    3. Klo boleh tau accord apa ya om?punya saya accord executive apakah sama?

      Delete
  2. Kalo untuk civic wonder/sb4 thn 84 bagusnya pake apa ya boss, klo ga salah tempat switch nya nempel di radiator, mohon pencerahan cara pasangnya jg

    ReplyDelete
  3. Knp mx new kipas ya tidak berputar walupun perjalanan jau dari jakarta indramayu

    ReplyDelete
  4. Utk baleno gan...utk shu 75drjt pake apa gan?

    ReplyDelete
  5. Kalo buat greco 94 gan cocok nya sama apa ?

    ReplyDelete