Monday, March 30, 2015

[TIPS Otomotif] Cara Mudah Agar Setir Manual Ringan Diputar

Setir kendaraan biasanya berat, oleh karena itu ditambahkan power steering. Power steering tidak hanya memperingan setir tapi juga memperberat setir pada kecepatan tinggi. Power steering yang seperti ini contohnya power steering electric pada Mazda Van Trend.

Biasanya penambahan/modifikasi power steering dilakukan dengan menggunakan power steering mekanik. Biaya pemasangan power steering paling murah sekitar 4 jutaan.

Cara lain yang paling mudah dan murah adalah mengganti karet support yang memakai laher, atau laher-nya lebih lemes/bagus. Biasanya sih karet support sudah ada lahernya. Semua mobil penggerak roda depan karet supportnya pakai laher. Sebaliknya semua(mungkin hampir semua) mobil penggerak roda belakang karet supportnya tidak pakai laher. Coba cari karet suport yang lahernya lebih bagus, lebih lancar. Jadi copot karet support mobil anda, bawa ke toko spare parts mobil.. minta dicarikan karet support yang memakai laher/atau lebih bagus lahernya. Untuk Mazda MR, Baby Boomer dan Van Trend mungkin bisa memakai karet support lancer (mitsubishi). Tapi karet support Lancer mahal yah, 400-an ribu :D .


Karet support ini memegang as sockbreaker yang ikut muter-muter mengikuti setir. Jadi kalau as dipegang lemes/lancar... setir juga jadi ringan.

Oh yah mencopot karet suport tidak sembarangan, karena akan "menembak" lepas. Ada yang mur-nya menembak genteng sampai lobang . Per shock harus diikat/dijepit :


kalau lobang drat dudukan tidak sama, tinggal dibuatkan saja pakai bor .

11 comments:

  1. informasi yang sangat bermanfaat sekali.. trimakasih sudah membagikan ilmu yang bermanfaat.

    Baris otomotif

    ReplyDelete
  2. Mas,klo untuk suzuki sx4 cocoknya dgn karet support mobil apa ya?ada pengalaman sblmnya?

    ReplyDelete
  3. wah ngga tahu saya. Coba bawa ke toko, bilang saja yg mirip tapi ada lahernya.

    ReplyDelete
  4. Ini karet support shock depan kan mas m?sdh sy tnya ke mekanik suzuki mrka blangnya nggak ada karet support pake laher..*mereka mmg nggak tau ato sngja nggak tau???..btw tq seblmnya mas m

    ReplyDelete
  5. Yah namanya bengkel resmi tidak bisa memberi spare part yang tidak resmi :D . Coba bengkel biasa saja.

    ReplyDelete
  6. Maaf gan info nya buat mobil mitsubhisi t120ss fick up,

    ReplyDelete
  7. Maaf gan buat mobil mitsubhisi t120ss fick up pake apa?terimaksih infonya

    ReplyDelete
  8. Power steering kalo dibikin manual bisa ga? Misal saya lepas fanbeltnya...lg pengen manual

    ReplyDelete
  9. Kalo ban sama velg diganti standart,apa ada pengaruhnya lebih ringan?

    ReplyDelete
  10. kalau ban diganti yang lebarnya lebih kecil pasti lebih ringan. Ban depan dipompa keras saja, sudah jadi lebih ringan.

    ReplyDelete