Tuesday, June 23, 2015

Rawan Keropos Pada Motuba

Romantika dari mobil tua tahun 1990  kebawah adalah body keropos. Keropos ini tidak kelihatan buat yg tidak paham. Tertutup karpet lantai.. tertutup dempul dan cat :D .

Wah kalau sudah kena keropos2 gini pusing pala berbie dah. Motuba harga kisaran 8-15 jt tapi minta kerok-las-cat yang biayanya juga 8-15 jt :D . Mending kalau selesai tepat waktu dan tepat biaya. Sering juga terjadi ngga selesai-selesai dan biaya minta tambah terus.

Penanganan darurat sementara agar tak bertambah parah yah kerok karatnya sampai bersih, bisa pakai WD atau semprotan pembersih karat. Terus tambal lobang2nya pakai karet yang buat nambal atap bocor, lanjut tutup dengan plinkut.

Saya pernah nanya ke bengkel body repair via telepon, saya tanya berapa biaya penggatian plat lantai mobil ukuran 40 cm x 40 cm. Eh dijawab 4 jt... alamakkkk. Padahal teman di banjar cuman kena 200 rb. Akhirnya saya ketemu tukang las karbit keliling. Nego dapat 150 rb. 


Keropos lantai tertutup karpet
Keropos lantai tertutup karpet


Keropos pojok lantai depan tertutup karpet

karet buat tambal bocor atap


ditambal karet

ditutup plinkut

las karbit keliling


pengelasan lantai oleh las karbit keliling
Tetangga juga ada yang manggil buat tukang las karbit keliling buat ngerok dan ngelas katana-nya. Kalau mau puas sediakan bahan plat besinya. Panggil tukang las pada hari libur, misalnya sabtu minggu. Kerjain bareng sama tukang lasnya. Kita ngerok, ngetok2 nyari2 keroposnya.

Kalau kerok dan las sudah tuntas, bisa dempul sendiri. Kalau mau belajar DIY (Do It Yourself) :



Atau cari tukang dempul freelance, panggil kerumah untuk memdempul sambil anda belajar. Jika pemdempulan selesai, jangan langsung cat. Tunggu minimal 1 minggu biar dempul kering, atau lebih lama untuk melihat apakah dempulnya sempurna kuat atau ngelotok lagi :D .

Setelah cukup kering dan kuat dempulnya, bisa masukkan ke bengkel cat. Minta cat siram saja, biaya kisaran 1,5 jt - 2 jt. 
risplang bawah pintu biasanya juga sudah hancur (foto pakde Thole)

risplang bawah pintu biasanya sudah hancur (foto pakde Thole)

Dudukan shock belakang (foto pakde Thole)


1 comment: